Busway atau Trans Jakarta atau...?

Posted: Sunday, November 30, 2008 | Posted by Albertus Prawata | Labels:



Beberapa waktu lalu dalam perjalanan menuju rapat di selatan Jakarta, tepatnya di daerah Blok M, terdapat sebuah bis Trans Jakarta yang berhenti menunggu lampu merah.
Tepat dibelakang bis yang besar itu kebetulan gue juga ikut berhenti menunggu hijaunya lampu pengatur lalu lintas, di dalam mobil gue yg mungil. Terdapat suatu iklan di kaca belakang bis tersebut. yang bertuliskan, Gunakan Holcim Serba Guna agar pembangunan rumah secepat naik busway.

Hhhmmm, ada yang salah pikir gue.
Busway itu bukannya jalan bis ya? Kenapa jalan bis bisa membawa kita (penumpang)? Bukannya kata busway itu seharusnya digantikan kata bis Trans Jakarta? atau...?

Sesampainya pada tempat rapat, gue menunjukan foto itu ke teman-teman. Gue tanya, "ada yang aneh gak dari kata-kata iklan di kaca bis itu?"

Gelengan kepala dari mereka semua, mereka mengganggap tidak ada yang salah. Dengan bangganya gue menjelaskan bahwa kata busway itu seharusnya diganti dengan bis Trans Jakarta.

Mereka pun hanya tersenyum, lalu menimpali tidak mau kalah, "ya busway itu karena enak aja disebutinnya, kalau bis Trans Jakarta kepanjangan, gak familiar. susah!" Begitu komentar salah satu dari mereka.

Benar juga pikirku, strategi iklan biar mudah diingat, biar kita juga tidak kehabisan ludah atau nafas saat menyebutkannya.

Lalu gue bertanya, "jalannya busway, yang ada pembatasnya dan hampir mengisi setengah jalur jalan namanya apa?"

Yah, sesuatu yang lucu, bahasa Inggris terdengar indah pada saat diucapkan. Tetapi apakah bahasa itu harus tetap digunakan pada subyek yang jelas-jelas bukan merupakan arti dari bahasa itu? atau...?

Mengingatkan gue juga kembali ke sebuah papan peringatan di komplek rumah,



Ayo teman, adakah yang salah dengan papan peringatan ini?


(thank you mom, for showing me about this one)
Gue bukan orang yang ahli dengan bahasa dan kata-kata, dan gue yakin banyak banget susunan dan perbendaharaan kata-kata di tulisan-tulisan gue yang salah dan tidak tepat. Hanya ingin berbagi. Have a good one!

and you should check this one out,

http://ngupingjakarta.blogspot.com/

2 comments:

  1. anastasia meitha said...
  2. duhhhh dasar ya,,keisengan lo itu ga abis2..apa aja difotoin
    hahahahaa

  3. Albertus Prawata said...
  4. bukannya iseng...cuma kurang kerjaan...=p