Yes We Can!

Posted: Friday, November 7, 2008 | Posted by Albertus Prawata | Labels:

Hari Kamis kemarin, di dalam perjalanan menuju daerah Kemang...

Bersama seorang teman, terlintas pembahasan mengenai Presiden Amerika Serikat yang baru saja terpilih, Barack Obama.
Hal yang membuat gue tersenyum setelah mengetahui kemenangan Obama, setidaknya kejujuran, logika dan kenyataan untuk menentukan dan memilih yang paling baik di antara dua pilihan telah dilaksanakan dengan baik. Meskipun gue juga tidak tahu menahu secara detail visi dan misi Obama, tetapi terlihat bahwa dia memang lebih baik dibandingkan dengan kandidat lainnya. Krisis demi krisis perlahan dengan pasti mulai menggrogoti masyarakat dan kondisi sosial di dunia ini. Perubahan sangat perlu dilakukan, dan masyarakat Amerika telah melakukan perbuatan awal dengan memilih Obama sebagai pemimpin barunya. Kemenangan Obama ini tentunya juga sangat disambut penuh dengan sukacita oleh masyarakat di seluruh dunia, tidak terkecuali negara tercinta kita Indonesia. Menjelang pemilihan Presiden Amerika yang baru, berbagai media cetak dan elektronik di Indonesia tidak pernah henti-hentinya mengulas dan meliput perjalanan pemilihan ini. Obama menjadi topik pembicaraan yang tidak kunjung habisnya, dimana ternyata dia pernah "menyempatkan" dirinya mengenyam pendidikan Sekolah Dasar di Menteng dan tinggal di Jakarta selama kurang lebih 3 tahun. Begitu banyak liputan yang menyoroti teman-teman Obama pada saat di Sekolah Dasar itu. Tidak ketinggalan juga reaksi dan harapan Masyarakat kita terhadapa Presiden Amerika ke 44 itu. Berlebih; itulah kata yang menurut gue menggambarkan apa yang terjadi dalam komunitas masyarakat di negeri ini dalam beberapa bulan terakir. Apakah kemenangan Obama sebagai Presiden Amerika akan mengubah kondisi yang terjadi di Indonesia ini? Apakah kita akan mendapat perlakuan khusus karena Obama pernah merasakan kehidupan sebagai masyarakat Jakarta? Apakah Obama akan menetapkan kebijakan luar negeri yang istimewa terhadap Indonesia? Siapa ya kita? Apa kita memperlakukan dia secara khusus sewaktu dia tinggal disini? Gue rasa enggak!
Suatu hal yang baik Obama telah terpilih menjadi Presiden Amerika yang baru. Suatu kelegaan dan syukur karena perubahan yang harus dilakukan untuk memperbaiki kondisi sosial di dunia ini mulai dijalankan. Sekarang adalah saatnya kita memulai perubahan itu. Dimulai dari diri kita sendiri, dari individu kita sendiri yang akan terus kita bawa sampai akhir hayat nanti. Bisakah kita? Yes we can!

Hanya sebuah opini dari gue, yang mungkin merasa sirik tidak pernah tinggal di Menteng, (tapi gue pernah sekolah di daerah sana juga loh) iri karena tidak ikut perkumpulan Obama for Indonesia yang diliput CNN, tidak bisa tampil di TV dan media untuk mendukung dia.

Hidup ini indah dan terjadi saat ini!
Hidup Indonesia!

0 comments: