you & who in 365 (anda & siapa dalam 365)

Posted: Thursday, April 22, 2010 | Posted by Albertus Prawata | Labels:

Inilah salah satu cara saya untuk menikmati fotografi (portrait) dan mengenal anda lebih jauh lagi. Halo nama saya Berto, bolehkah saya mengambil foto anda?

Kita semua pasti tidak asing dengan sosok foto diatas, Aline Adita. Cantik dan elegan, itulah kesan pertama saya ketika bertemu dan dapat mengambil fotonya pada suatu launching produk kecantikan beberapa waktu yang lalu.

Apa itu 365?
Sebuah foto portrait seseorang, memberikan berbagai macam ekspresi yang berbeda-beda, dan hal ini merupakan sesuatu yang sangat menarik bagi saya. Selain sebagai suatu media identitas diri, foto tersebut juga dapat memberikan suatu kesan bagi orang yang melihatnya. Berawal dari ketertarikan tersebut dan inspirasi oleh 5 sec faces ; saya ingin membuat suatu proyek dimana saya dapat mengambil foto portrait orang-orang di sekitar saya, dan juga dapat mengenalnya lebih jauh dengan menanyakan pertanyaan khusus kepada mereka. Pertanyaan tersebut adalah:

1. Siapa nama lengkap anda?
2. Apa pekerjaan dan profesi anda?
3. Apa passion anda atau kecintaan anda akan sesuatu?
4. Perubahan apa yang telah anda perbuat bagi diri sendiri untuk menjadi lebih baik?
5. Apakah ada hal-hal lain yang ingin disampaikan?

Mengapa 365?
Angka tersebut identik dengan jumlah hari selama setahun, suatu kurun waktu yang terdapat 12 bulan, suatu penanda waktu yang pada siklus kehidupan kita. Biasanya kita merencanakan resolusi baru setiap pergantian tahun, untuk menjadikan kita lebih baik lagi dari sebelumnya. Bagi saya, proyek ini menjadi suatu langkah baru untuk dapat bertemu dan mengenal orang-orang di sekitar saya, dan menjadikan mereka inspirasi saya untuk menjadi lebih baik lagi, dan saya akan mencoba memulai dengan 365 orang. Suatu resolusi baru bagi saya? Mungkin saja. Saya berharap setelah terkumpul 365 portrait dan jawaban-jawaban anda, kita semua dapat melihat portrait tersebut, dan bisa saling menginspirasi.

Bagaimana cara anda untuk bisa berpartisipasi?
Mengambil foto anda merupakan suatu langkah awal untuk berinteraksi dengan anda semua. Lalu, jawaban-jawaban anda akan membawa saya untuk mengenal anda lebih jauh lagi, dan saya mengharapkan foto dan jawaban-jawaban dari anda dapat menjadi inspirasi bagi saya dan juga orang lain. Seperti jawaban teman dan juga rekan kerja saya, Anida Dyah Pratiwi dalam one in 365. Anid telah menginspirasi saya, dan saya yakin anda semua dapat menjadi inspirasi kita semua. Saya tidak mengharuskan jawaban anda harus panjang, pendek atau harus dengan cerita dan lain sebagainya. Apapun jawaban dan cara anda menjawabnya akan sangat saya hargai.

Bagaimana cara anda untuk menjawab 5 pertanyaan diatas?
Saya akan selalu membawa note untuk bisa mencatat jawaban anda sesaat setelah saya memfoto anda. Kalau anda ingin becerita lebih banyak dan memberikan jawaban sesuai cara dan gaya anda sendiri, saya akan sangat senang untuk meminta anda menuliskan jawaban anda tersebut, dan mengemailkannya kembali kepada saya untuk bisa diunggah di blog ini.

Bagaimana cara saya mengunggah foto dan jawaban anda?
Saya ingin sekali mengunggah foto anda selama 365 hari (satu hari satu foto) sesuai dengan judul proyek ini, sehingga tepat selama satu tahun saya akan mengenal dan memiliki 365 foto anda. Mudah-mudahan kesibukan saya sehari-hari sebagai seorang pengajar dan juga desainer tidak akan memberi hambatan untuk melakukan ini. Tetapi, angka 365 saya gunakan tidak dilihat dari segi waktu bahwa saya harus tepat waktu mengunggah satu hari satu foto. Saya melihat 365 sebagai suatu acuan untuk memulai tantangan baru ini, untuk dapat menikmati fotografi, mengenal dan terinspirasi oleh anda semua. Jadi apabila saya telah mendapatkan 365 foto dan jawaban-jawaban, apakah saya sudah bisa berhenti? Tidak. Saya bahkan berharap bisa melakukan 365+ , sehingga saya tidak akan pernah berhenti terinspirasi oleh anda semua.

Proyek ini merupakan proyek yang sangat ambisius. Saya sadar 365 foto adalah jumlah yang tidak sedikit, apalagi saya ingin mengambil foto orang-orang di sekitar saya yang memiliki beragam latar belakang dan profesi. Untuk itu saya akan dengan sangat senang hati untuk mengambil foto anda, dan mengenal anda lebih jauh lagi. Apakah anda bersedia?

Thank you Ucita Pohan for keeping the spirit up high! =)


*Apabila anda mau untuk difoto dan berbagi dengan kita semua, tolong jangan ragu-ragu untuk menghubungi saya. Thank you and have a great day!

6 comments:

  1. Riva Tomasowa said...
  2. Jadi maksudnya gimana sih?
    Aku ga ngerti deh,,

  3. Albertus Prawata said...
  4. Jadi fotonya riva yang sudah saya ambil nanti akan dipost di blog proyek ini. Dan jawaban-jawaban kamu yang sudah kamu berikan ke saya akan menyertai foto kamu yang memang bukan seperti orang kebanyakan.=p

  5. Hapi said...
  6. hello... hapi blogging... have a nice day! just visiting here....

  7. Albertus Prawata said...
  8. Happy blogging to you too...

  9. Fahmi Setiawan said...
  10. Download Animasi GIF
    SMS Gombal Lucu
    BBandro.com - Berita Gadget Terbaru
    SMS Ucapan Selamat Natal dan Tahun Baru 2013
    Daftar Situs Edit Foto Online
    Kata Cinta Romantis
    Pantun Ucapan Selamat Pagi
    Kata Renungan Malam
    Gambar Lucu

  11. Maniak Artikel | Segalanya Yang Seru Dan Unik said...

  12. Great Blog And This Information Is Very Interesting
    .