We must become the change we want to see

Posted: Sunday, March 13, 2011 | Posted by Albertus Prawata | Labels:

Sebuah kutipan dari Mahatma Gandhi diatas merupakan suatu ungkapan yang tepat untuk menggambarkan suatu perubahan yang ingin saya lakukan. Suatu gerakan Benih Peduli Indonesia pun terbentuk, dengan landasan utamanya yaitu berbagi.

Begitu banyak isu-isu negatif yang terjadi disekitar kita, dan begitu banyak keluhan-keluhan yang saya dengar dan rasakan. Suatu hal yang wajar terjadi dan sebagai seorang manusia pun kita pasti tidak akan pernah dari kepuasan. Mengeluh dan menuntut untuk suatu perubahan pasti tidak akan pernah habis, karena itu lebih lebih baik berbuat sesuatu untuk suatu perubahan, dan yang paling penting adalah memulai perbuatan itu. Bagi saya, suatu perbuatan yang nyata dan mudah untuk dilakukan adalah dengan berbagi dalam dasar pendidikan dan pengajaran, dimana saya juga berkecimpung di dalamnya sebagai seorang akademisi.

Berawal dari kegiatan pengabdian masyarakat, saya diberi kesempatan untuk memberikan presentasi dengan topik hemat air di rumah, kepada murid kelas 5 SD Tarakanita 3. Pengalaman tersebut merupakan pengalaman pertama saya berinteraksi dan memberikan presentasi kepada murid Sekolah Dasar yang tentunya sangat berbeda ketika saya memberikan materi di depan kelas di sebuah universitas. Dari pengalaman tersebut saya merasa dengan pendidikan dan pengajaran, suatu perbuatan nyata bisa dilakukan untuk menciptakan suatu perubahan. Perubahan untuk Indonesia yang lebih baik.

Banyak komentar yang menyatakan bahwa tidak mudah untuk mengajar, saya pasti tidak bisa mengajar karena tidak sabar, dan berbagai komentar lainnya. Tetapi saya yakin kita semua bisa berbagi, dan meceritakan suatu topik tertentu, saya rasa ini merupakan suatu istilah yang sama dengan mengajar. Saya berpendapat, kita bisa melakukan hal tersebut karena kita pun pernah merasakan menjadi yang dididik, dan kita pernah melihat dan merasakan bagaimana seorang pendidik menyampaikan suatu materi. Dengan demikian kita pun pasti bisa memposisikan diri sebagai pemberi materi atau pengajar tersebut.

Bersama Benih Peduli Indonesia (BPI), saya mengajak kita semua untuk peduli dan bisa berbuat untuk menciptakan Indonesia yang lebih baik. Dengan visi dan misinya, Benih Peduli Indonesia mengharapkan generasi muda Indonesia juga akan peduli dan bisa menciptakan masa depan yang jauh lebih baik lagi. Suatu perjalanan panjang telah menanti, dan satu langkah awal telah diambil untuk memulai suatu perjalanan ini. Semoga dengan aksi nyata ini, kita semua bisa berkontribusi untuk membuat suatu perubahan, untuk Indonesia yang lebih baik.

"Be not afraid of going slowly; be only afraid of standing still." -Chinese Proverb

www.benihpeduli.org

Ikuti BPI di:
Twitter: @benihpeduli
Facebook: Benih Peduli Indonesia

0 comments: