tip-off

Posted: Saturday, November 19, 2011 | Posted by Albertus Prawata | Labels:

Tip off, kick off, suatu istilah yang dipakai pada pertandingan bola basket dan sepak bola, untuk memulai sebuah pertandingan. Setelah tip-off dilakukan, kedua tim yang bertanding akan berjuang untuk mendapatkan satu tujuan, yaitu kemenangan.

Bertanding, merebut dan memperjuangkan sesuatu adalah proses yang dijumpai sehari-hari. Dalam pertandingan, menang dan kalah akan diketahui seiring habisnya waktu pertandingan, atau angka tertinggi yang didapatkan. Begitu juga dalam kehidupan sehari-hari, waktulah yang akan menyediakan jawabnya.

Menang atau kalah adalah hasil yang akan didapatkan, dan tentunya kita bertanding dan berjuang bukan untuk kalah, kita ingin menang. Tetapi tidak jarang kekalahan yang akan didapatkan. Selama waktu bertanding, proses untuk mencapai kemenangan pun akan bervariasi. Ada saatnya satu tim dengan mudah mengalahkan lawannya. Ada kemenangan yang harus diperebutkan dengan perjuangan yang berat.

Malam itu, ketika tim nasional bola basket Indonesia bertanding melawan tim nasional Thailand pada pertandingan semi final Sea Games 2011, kemenangan yang diinginkan harus terlepas. Kesempatan untuk masuk final dan mendapatkan hadiah tertinggi yaitu emas telah terkubur. Keyakinan dan percaya bahwa kemenangan akan mudah didapatkan bukan menjadi jaminan. Tim nasional Indonesia sempat memimpin dengan mudahnya pada akhir quarter ke tiga dengan unggul 15 angka. Tetapi akhirnya harus kalah dengan selisih 3 angka (62-65). Bola itu memang benar-benar bundar.

Tertunduk lesu, kecewa, marah, dan sedih terlihat di wajah para pemain nasional Indonesia. Begitu pun juga kita pada saat kalah, dan tidak mendapatkan tujuan yang diinginkan. Tetapi ingatlah, masih banyak tip-off lain yang bisa dilakukan, banyak pertandingan baru yang bisa dimenangkan. Jangan berhenti.

0 comments: