Walking To Our Campuses

Posted: Tuesday, February 21, 2012 | Posted by Albertus Prawata | Labels: , ,



Pendahuluan

Syahdan dan Anggrek merupakan kedua nama kampus Bina Nusantara yang terdapat di Kemanggisan, Jakarta Barat. Sebagian besar mahasiswa dan pegawai universitas Bina Nusantara pergi dan bekerja di dua kampus utama ini dari hari Senin sampai dengan hari Sabtu, dan kegiatan di kedua kampus ini sangat ramai dan padat. Setiap hari, mahasiswa, pegawai dan juga dosen seringkali diharuskan untuk berpindah dari satu kampus Syahdan ke kampus Anggrek dan begitu juga sebaliknya. Jarak tempuh kedua kampus ini hanya membutuhkan 10 menit dengan berjalan kaki. Tetapi, keadaan dan kondisi yang ada membuat pengalaman berjalan kaki dari satu kampus ke kampus lain menjadi tidak menyenangkan. Jalanan yang menghubungkan kedua kampus ini selalu padat dan sering terjadi kemacetan. Keselamatan para pejalan kaki juga merupakan permasalahan lain yang perlu diperhatikan.

Maksud dan tujuan

1. Merancang suatu penghubung bagi pejalan kaki yang aman dan nyaman untuk mencapai kedua kampus Bina Nusantara (Anggrek & Syahdan).

2. Mensosialikan, mengenalkan, dan mempresentasikan hasil rancangan yang dihasilkan kepada kalangan masyarakat luas (komunitas-komunitas, institusi pendidikan, dan pemerintah).

Hasil rancangan tersebut diharapakan dapat menjadi hasil rancangan yang terbaik dan dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Rancangan ini diharapkan dapat melibatkan berbagai pihak, sehingga tercipta suatu kesinambungan yang baik untuk masa yang akan datang.

Bentuk kegiatan

Workshop akan diadakan untuk bisa mendapatkan rancangan dan ide terbaik. Workshop tersebut akan meliputi: Survei, penelitian, pengamatan, wawancara, pemetaan, penulisan literatur, studio, kuliah umum, presentasi dan pameran.

Waktu kegiatan

Semester genap 2012

Peserta dan syarat mengikuti workshop

Peserta kegiatan ini adalah mahasiswa Bina Nusantara. Untuk menjadi peserta workshop, peserta akan diseleksi melalui sebuah pengumpulan karya. Calon peserta workshop diminta untuk membuat suatu penulisan, sketsa atau esai foto mengenai situasi di sekitar kampus Anggrek, Syahdan dan sekitarnya. Atau calon peserta juga dapat meberikan suatu proposal ide dan gagasan yang sebaiknya dapat dilakukan pada lokasi yang ada. Calon peserta diharapkan dapat mengumpulkan permasalahan dan data-data yang ada, lalu dianalisa menggunakan literatur sesuai dengan bidang dan keilmuannya.

Pemasukan karya untuk seleksi peserta workshop

Pemasukan karya calon peserta workshop tanggal 3 Maret 2012, jam 13.00-14.00 di ruang K2A, kampus Syahdan, Universitas Bina Nusantara. Karya dapat berupa hard copy maupun soft copy.

Workshop ini akan meliputi kuliah umum dan presentasi dari dosen, arsitek, perancang kota, pegawai pemerintah, dan peneliti. Hasil akhir dari workshop ini akan dipamerkan di ruang dan fasilitas publik kota Jakarta, dan institusi terkait. Jadilah bagian dari workshop ini, dimana perubahan untuk sesuatu yang lebih baik bisa dimulai dari anda! Selamat berkarya! | Albertus Prawata

Organized by Volume Factory & Himars Binus University

0 comments: