Albertus Prawata dan Geliat Budaya Lokal di 2013

Posted: Tuesday, February 5, 2013 | Posted by Albertus Prawata | Labels: , , ,



Albertus Prawata, seorang pengamat kota sekaligus pengajar berbagi ide dan pandangan tentang arsitektur Jakarta di 2013 ini, sebuah pembahasan tentang alur tren yang akan berkembang di tahun ular air ini.
 
Beberapa saat yang lalu, Gubernur DKI, Joko Widodo pernah mengungkapkan idenya untuk mengangkat kembali budaya Betawi pada arsitektur kota. Pengaplikasiannya dikembalikan pada kreativitas arsitek sebagai pihak yang lebih mengerti tentang sistem dan teknisnya.

Menanggapi tentang tren arsitektur 2013, wacana ini jelas menjadi perhatian masyarakat. Albertus Prawata, memaparkan bahwa rasanya ini  jadi satu hal yang bisa dan perlu ditelaah lebih lanjut, apakah perlu Jakarta berorientasi Betawi? dan rasanya hal itu akan sulit dilakukan di kota Jakarta karena memang membutuhkan pembicaraan lebih lanjut. Sebuah diskusi  dan penelitian yang lebih dalam lagi mengenai apakah ornamen Betawi itu bisa dipadukan dalam arsitektur khususnya di kota Jakarta. Aplikasi budaya di beberapa kota memang sukses dalam membangun karakter budayanya. Alih-alih menyerap budaya Barat dan menirunya pada gedung kota, mereka justru mengolah budaya lokal yang sudah ada.

Arsitektur sekarang ini masih tetap mempertimbangkan faktor energi efisien, sebuah efisiensi untuk bangunan. Arah kesana tentunya akan lebih ditingkatkan karena setiap bangunan pastinya akan mengejar efisiensi itu tadi. Jadi kita tidak memboros konsumsi energi dan rasanya akan lebih melihat pada faktor kondisi kita.

Kalau kita lihat yang terdahulu, banyak kebijakan-kebijakan budaya Barat. Sekarang ini justru yang terlihat adalah adanya sebuah kerinduan, untuk apa kita meniru kebudayaan Barat? Kini kita punya konteks problem yang berbeda dengan Barat, jadi kenapa harus meniru mereka? Rasanya banyak sekali aspek yang bisa kita eksplor untuk mengedepankan arsitektur kita yang tentunya akan jauh lebih baik daripada sekedar meniru apa yang Barat sudah lakukan. Jadi rasanya aspek lokal tentunya akan menjadi tren di 2013.

Video: iDEA/Febrina Syaifullana

0 comments: